Monday, September 29, 2014

PUTRI HUTAN DAN 3 APEL EMAS

Pada suatu hari ada kerajaan. Kerajaan tersebut memiliki seorang raja. Raja tersebut ingin memiliki seorang anak laki-laki, agar dapat menggantikannya sebagai seorang raja. Akhirnya sang raja pun berdoa kepada Dewata. dan doanya tersebut dikabulkan tapi bukan seorang anak laki-laki, melainkan anak perempuan.Sang Raja pun memberi nama putrinya Revani. Tapi sang raja marah dan menyuruh pengawalnya untuk membuang bayinya ke hutan dikarenakan lahirnya seorang putri. Para pengawalnya pun membuang bayinya ke hutan.

Selama di hutan, sang putri terus menangis tanpa henti. Tiba-tiba datang lah seekor beruang besar dan langsung menyusui sang putri. Akhirnya sang putri pun berhenti menangis, Dan sang putri akhirnya diurus oleh beruang tersebut dan menjadi liar,

Dua tahun kemudian, sang raja pun menyesal telah membuang putrinya ke hutan. Akhirnya sang raja pun menyuruh para pengawal untuk mencari putrinya tersebut di hutan, Para pengawal pun menemukan sang putri sedang bermain dengan si beruang. Para pengawal pun ketakutan oleh beruang tersebut. Akhirnya para pengawal pun membuat strategi agar bisa mengambil sang putri, Strategi mereka pun berhasil. Para pengawal kembali membawa sang putri kembali ke istana.

Sesampainnya di istana sang raja pun kaget melihat putrinya yang sangat liar. Raja pun menyuruh para pengawalnya untuk merawat sang putri agar menjadi seorang putri yang seperti lainnya. 

Dua puluh tahun kemudian, sang raja mengatakan kepada Putri Revani agar dia cepat-cepat menikah. Putri Revani pun setuju. Tapi dengan satu syarat. Akhirnya sang raja menyuruh pengawalnya untuk menyebarkan sayembara ini kepada kerajaan-kerajaan sekitar "barang siapa yang dapat mengalahkan Putri Revani dalam perlombaan berlari, dia akan menikahinya". Akhirnya banyak pangeran-pangeran yang mengikutinya, dan tidak ada satu pun yang dapat mengalahinya. Tiba-tiba ada satu pangeran yang memeratikan Putri Revani, yaitu Pangeran Dewantara. Pangeran Dewantara pun terkaget-kaget melihat Putri Revani berlari. Akhirnya ia berdoa kepada Dewi agar dia dapat memenangi perlombaan tersebut. Sang Dewi pun memberinya tiga buah apel emas. Akhirnya Pangeran Dewantara pun mengikuti sayembara tersebut. Saat lomba dimulai sang pangeran berlari sekuat tenaga dan menaruh apel tersebut satu-satu. Melihat apel emas tersebut sang putri pun terkagum-kagum sehingga lupa kalau dia sedang berlomba. Dan akhirnya sang pangeran pun memenangi sayembara tersebut. Dan mereka hidup senang.:)


Sekian cerita rakyat tentang Putri Hutan dan 3 Apel Emas.

No comments:

Post a Comment